Maret dan Karirku

Tak terasa waktu begitu cepat berlalu. Sudah sembilan tahun lebih beberapa hari aku bergabung dengan company ini. Ada banyak pengalaman dan ilmu yang aku peroleh disini.

Apakah ini company terbaik untuk ku?? I don’t know, may be yes.. may be no. So far so good.

Apakah aku happy bekerja di company ini?? Yes, I do am.

Dan kalo dicermati, ternyata ada benang merah antara bulan Maret dan perjalanan karirku di perusahaan ini.

19 Maret 2001.

Catat yach, Maret. Aku bergabung dengan company ini, di department Marketing Information System, saat ini department ini telah berubah nama, Consumer Insight and Marketing Intelligence. Kurang lebih bergerak di riset pemasaran lah.

Saat ini aku bergabung sebagai Retail Audit Field Assistant. Tugas utamaku mengkoordinasikan dan mensupervisi pelaksanaan survey di kota-kota yang relative kecil. Second city orang sering menyebutnya. Total ada 16 kota yang menjadi wilayah kerjaku, yaitu: Depok, Cilegon, Magelang, Madiun, Jombang, Kediri, Probolinggo, Gorontalo, Bengkulu, Pematangsiantar, Padangsidimpuan, Mataram, Kudus, Tuban, Bukittinggi, dan Pamekasan.

Selain itu, saya juga membantu untuk handle pekerjaan sebagai Retail Audit Analyst, waktu pejabat yang lama rotasi ke tempat lain

Wajah di marketing information system, saking puyengnya sampai gak sempat cukur (atau kompensasi kebotakan yang mulai mengancam??)

1 October 2003

Memang bukan bulan Maret, tapi tepat setengah tahun setelah bulan Maret. He..he.. maksa yach!!

Aku pindah department, ke department Event & Sponsorship. Tugasnya kurang lebih membuat event atau mensupervisi pelaksanaan sponsorship. Memastikan bahwa semua event atau sponsorship berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang diinginkan company.

Di sini saya mempunyai banyak kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang, belajar bernegosiasi dan tahu sedikit selukbeluk belakang layar dan dunia broadcasting. Di department ini dengan “terpaksa” juga mulai kenal dunia malam.

Beberapa event yang pernah aku handle adalah: Music Tour di 36 kota, musik berbasis bedug diatas trailer, balap sepeda skala international paling bergengsi di Indonesia, liga bola voli terbesar di Indonesia, liga basket professional di negeri ini, dan kejuaran international billiard (pool) di Bali yang diikuti oleh antara lain: Alex Pagulayan, Effren Reyes, Mika Imonen, Bustamante, Kawabata, Chao Fong Pang, Yang Ching Shun, dan nama nama besar lainnya. Selain kejuaraan, pernah juga membawa beberapa diantara mereka dalam pertandingan eksebisi.

Selain itu pernah juga merasakan “kunjungan” Mariah Carrey, tapi juga pernah dikecewakan oleh batalnya konser Missy Eliot. Departement ini banyak memberikan pengalaman, suka duka, capek, dan kepuasan.

Oh ya, ketika aku masuk ke department ini, title ku adalah: Junior Event Officer, dan ketika kutinggalkan title yang kusandang adalah: Senior Event Officer.

Entertainment di pertandingan voli. Lho Broneo mana?? Ya di belakang layar dong.. tuh ambil fotonya aja dari belakang

1 Maret 2007

Catat, Maret tuh…

Aku pindah department lagi, masuk ke Field Marketing, sebagai Regional Marketing Analyst Kalimantan. Base untuk posisi ini adalah di Balikpapan, sehingga aku harus boyongan ke sana. Tugas utamaku melakukan analisa pasar di Kalimantan, dan bersama dengan the afdhal menjadi think tank nya Regional Marketing Manager.

Disini aku banyak belajar mengenai pasar yang sesungguhnya. Selain itu dari sang manager aku belajar banyak tentang karakter orang dan cara meng-handle-nya.

Turun ke pasar ... sampai ke pasar terapung🙂 Dan lihat.. botak semakin melebar (biar bener bener tampang analist kali)

1 Maret 2009

Lho.. Maret lagi kan!!

Aku pindah lagi ke Parepare, di tempat sekarang ini aku berada. Tantangan dan tanggung jawab baru. Smoga aku bisa menjalani posisi ini dengan baik.

24 Maret 2010

Maret lagi neh!! Aku nulis postingan ini. Posisi masih sama dengan yang per 1 Maret 2009. He..he..he…

Parepare, Maret 2010

15 thoughts on “Maret dan Karirku

  1. lucu ya pindahnya kok maret, bukannya April. Kalo di sini pindah divisi dsb nya pasti bulan April, di awal tahun fiskal baru….
    Gen juga deg-deg an mau dipindah kemana, tapi kayaknya sih sama terus hihihi

    EM

  2. Kamu belum menjelaskan dua hal:
    1. Apa posisi yang kamu sandang sejak 1 Maret 2009
    2. Apa nama perusahaan itu..? Se-SEMPURNA apakah perusahaan itu sehingga kamu bisa menYEMPURNAkan angka tahun sedemikian banyak untuk berada di san-A ?

    :))

  3. Mudah2an nanti di next Maret bisa direlokasi lagi ke Area yang sdh ada table editor bro, biar bisa nostalgia saat masa-masa di CIMI ya..gud lak terus bro..

    Salam

    IJuliars

  4. You know what …
    Menurut pendapat saya …
    Perjalanan Karier kamu itu mendobrak dogma sebelumnya …
    Bahwa orang-orang Riset – NPD – dan yang sejenisnya itu tidak cocok kerja frontliner marketing di lapangan …
    Jujur saya kaget … ketika kamu menghandle event … ini suatu turning point yang luarbiasa radikal waktu itu …
    Dan Alberto mendobrak semuanya … (satu lagi adalah Fr kan ?)
    Kalau kita mau … Kita Bisa … !!!
    Alberto membuktikan !!!

    Salam saya Bro

    • ada persamaan kok Om trainer, antara riset & event, yaitu: goes to detail… cuma bedanya detail di “kertas” dg detail di “lapangan”

  5. Tulisan ini pasti menyenangkan manajemen jika sempat baca. Betapa terlihat bro Neo berkembang dan menyukai setiap bidang pekerjaan, serta bisa menyesuaikan dengan cepat.

    Btw, tergelitik dengan pertanyaan EM, memang mutasi dilakukan setiap bulan Maret, atau hanya kebetulan saja?
    Dan membaca komen om NH, saya ingat komentar bos, ada orang yang ditakdirkan tipe rumput, dimanapun bisa berkembang…jangan-jangan bro Neo tipe ini. Jujur saja, orang riset biasanya tak menyenangi tugas lapangan, begitu juga sebaliknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s