Lutut Ayam

Disclaimer:

Tulisan ini hanya merupakan jawaban iseng atas pertanyaan “dimanakah lutut ayam?” “Benarkah lutut ayam menghadap ke belakang?” Dan tulisan saya ini tidak akan mengurangi rasa hormat saya kepada mereka yang telah mendapatkan hikmat dari “perbedaan” lutut manusia dan lutut ayam. (sebagaimana diceritakan di sini, maupun di beberapa tulisan lain yang senada)

Beberapa waktu yang lalu, saya dan rekan rekan berkesempatan untuk makan bersama di sebuah warung di pinggir jalan. Menu utama di warung itu adalah ayam bakar atau goreng.

“Mas, ayamnya paha ya Mas” pintaku

“Baik Pak” jawab pemilik warung.

“Yang kanan ya Mas”

“Apa Pak?”

“Pahanya yang paha kanan,” jawabku sambil tersenyum

“….” Mas mas penjaga warung itu, bengong, dan memasang tampang sedang berpikir.

“Udah-udah Mas, bercanda kok. Gak usah dipikir. Pokoknya paha saja.”

Saya dan rekan-rekan pun menunggu makanan yang kami pesan

“Mengapa pilih paha yang kanan?” Tanya temanku

“Karena kaki kanan lebih banyak digunakan utk ngeker-eker (mengais-ngais) tanah, sehingga pahanya lebih besar dan gurih” jawabku sekenanya.

“Oh gitunya?” Jawabnya tampak ragu

“Lihat aja sendiri!!” Jawabku menyakinkan, meskipun dalam hati aku mempertanyakan sendiri kebenaran jawabanku he..he..he..

By the way, bisa membedakan paha ayam yang kanan dan kiri tidak?” Balik saya bertanya.

“Hmmm.. bagaimana ya??” Jawab temanku mengambang

“Lihat saja lututnya!!” sahutku sekenanya..

Nah lho… emang lutut ayam yang mana??

Jujur saja, saya tidak pernah belajar secara mendalam masalah perlututan, apalagi lutut ayam. Saya hanya mengamati, dan membandingkan antara kaki manusia dan kali ayam.

Coba perhatikan gambar dibawah.

Yang dilihat kakinya saja yach…. Jangan yang lain. Dan jangan tanya, kenapa warna ayam itu hitam. Kalau pingin tahu bisa langsung aja ke sini, tempat gambar ayam itu saya pinjam.

putih mulus vs hitam legam: samakah bagian-bagiannya?

Untuk kaki mbak-mbak itu, jelas bahwa:

1 adalah pinggul

2 adalah lutut

3 adalah tumit, dan

4 adalah sendi pangkal jari-jari kaki

Untuk ayam bagaimana? Saya berpendapat bahwa lingkaran-lingkaran itu menunjukkan tempat yang sama dengan punya para mbak diatas.

Jika mau melihat lebih jelas struktur tulangnya, bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Angka-angka dalam gambar kerangkan ayam dan manusia tersebut, tentu saja menunjukan tempat yang sama dengan angka-angka pada gambar mbak-mbak sebelumnya.

Struktur tulang ayam vs manusia

So?? Benarkah lutut ayam menghadap ke belakang??

Dengan perbandingan gambar di atas, saya tidak akan menyangkal kalau ada yang menyatakan bahwa “ayam selalu berjalan jinjit”.

By the way, sudah bisakah Anda membedakan paha kanan dan paha kiri ayam??

Note:

Gambar diambil dari sini, sini dan sini, trus di edit sedikit lagi🙂

Parepare, April 2010

12 thoughts on “Lutut Ayam

  1. hahahhahaha
    sebuah topik yang….weird.

    bisa bedakan kiri atau kanan? tentu saja!
    yang paling gampang kalau ada cekernya
    kalau tidak adapun bisa kok.
    Mau tahu?
    .
    .
    .
    .

    Ajak saya makan ayam dulu nanti saya kasih tahu.
    OK?

    EM

  2. Hahahahaha wangun, Pakde!
    Mengetahui paha kanan dan kiri tergantung jempolnya.. jempol ayam ketika berada di sebelah dalam itu menunjukkan paha kanan atau kiri.. tapi yang jadi masalah kalau cuma beli paha tanpa cakar itu yang susah…

    Makanya aku ditattoo di paha kanan dan kiri jadi ketahuan mana yang kiri dan mana yang kanan hahahaha

  3. wah perbandingan yg dari manusia kok bikin saya gimanaaaaa… gitu…😆
    tapi ini bisa jadi bahan penelitian terbaru nih… halah…

  4. 😀😀😀 Bro memang jail dan iseng.
    postingan ini ,bener2 postingan teraneh yg pernah kubaca,
    jadi, mulai sekarang kalau pesan ayam bakar lebih baik, dadanya saja ya, yg kiri atau kanan? wah, kok malah nanya lagi?😀😀😀
    salam

  5. Setuju dengan EM …
    Topik yang weird … aneh …
    Tapi interesting juga sih …
    jujur saya agak lama berhenti digambar nomer … (Kamu taulah aku berhenti dimana …)

    hahaha

  6. kemarin ngomongin “punggung”, sekarang bicarakan “lutut”, kira-kira besok Broneo mau cerita soal “telapak kaki” gak ya…?

    halo bro, apa kabar? punggungmu mau digarukin pakai lutut ayam? hahaha…😀😀😀
    (sorry, komen ngawur)

  7. Bro, memangnya struktur tubuh manusia dan ayam ‘harus’ sama? Pada manusia, lutut memang nomor 2, tapi siapa tahu yang disebut lutut pada ayam adalah nomor 3? Terus sendi nomor 2 pada ayam itu punya nama lain, misalnya …. (terserah deh!)

    *Iki komen opo sih??*😀 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s