Susno & (yang Katanya Mirip) Ariel

Beberapa hari ini di banyak sekali berita yang membahas video hot dengan pemeran yang katanya mirip Ariel, mirip Luna Maya maupun mirip Cut Tari. Seperti virus video tersebut cepat sekali menyebar, apalagi di dukung teknologi komunikasi yang semakin maju. Yang belum sempat mengintip pun penasaran dan mencari-cari video tersebut.

 (Hayo… ngaku aja kalo emang sudah pada pernah ngintip… heheheheh)

Banyak komentar bermunculan di seputar video tersebut. Maklumlah sebagai selebritis, mereka sangat terkenal. Ada yang menghujat, ada yang kasihan, ada yang prihatin, ada yang meradang, ada yang kebakaran jenggot, ada yang sewot, dan berbagai reaksi yang lain.

Berita mengenai  video tersebut membuat berita-berita mengenai Komjen Susno Duadji, yang sempat hot sebelumnya, menjadi tenggelam. Susno Duadji mendapat simpati begitu banyak orang karena mengungkap “bobrok” yang ada di institusinya, namun justru sekarang dijadikan terdakwa untuk kasus yang diungkapnya sendiri. Terlepas dari benar tidaknya substansi masalah, namun Susno Duadji telah memenangkan hati khalayak umum.

Komjen Susno Duadji & Ariel (asli), yang mirip sama bintang video hot

Terlepas dari kasusnya masing-masing saya melihat ada persamaan antara Komjen Susno Duadji dengan bintang yang katanya mirip Ariel. Mereka sama sama mengungkap bobrok yang ada. Aib yang ada. Borok yang ada. Susno mengungkap dan berusaha membongkar “bobrok” di tubuh kepolisian negeri ini yang kita cintai sedangkan si mirip Ariel membongkar kebobrokan moral yang ada di masyarakat kita.

Dan kini kedua-duanya sama-sama terancam hukuman.

Kasus Susno hanyalah sebuah potret kecil, betapa budaya korupsi, suap menyuap, uang pelicin, kongkalikong sudah sedemikian menggurita dan membudaya. Mulai dari tataran yang paling rendah di kantor kantor kelurahan, sampai tataran yang paling tinggi di ruang-ruang terhormat di pusat kekuasaan sana.

Demikian juga kasus si mirip Ariel, video itu hanyalah puncak dari gunung es. Free sex, pergaulan bebas, lunturnya keluhuran nilai berumah tangga ternyata sangat dekat dengan kita.  Ada di tengah-tengah kita.

Para pemuka masyarakat, tokoh-tokoh agama, penjaga penjaga nilai ketimuran, orang-orang tua, diri kita sendiri, apa reaksimu?

Hujat kah? Telunjuk yang mengacung kah? Caci maki kah?

Atau introspeksi diri, dan berlapang dada berkata “kami telah gagal” menjaga moral dan perilaku kami.

.

.

.

Sungguh, moral, budi pekerti, tutur kata, pikiran, dan perilaku saya pun masih perlu dibenahi, maka dengan rendah hati saya berbisik…

“Gusti, nyuwun gunging pangaksami, linuwarno saking piyawon”

“Tuhan, mohon besarnya ampunan, bebaskanlah dari yang jahat”

.

Parepare, Jun 2010

.

gambar dipinjam dari www.kapanlagi.com dan www.okezone.com

12 thoughts on “Susno & (yang Katanya Mirip) Ariel

  1. Tadinya…dari judul, kupikir yang mirip wajahnya…..ternyata…..

    Btw, menjadi orangtua makin tidak mudah.
    Kadang kita ikutan stres mendengar kehebohan yang terjadi terus menerus ini…
    Namun hidup terus berjalan…semoga kita menjadi orang yang kuat dan tetap punya semangat juang untuk menghadapai situasi ini.
    Dan introspeksi ke dalam diri kita, sudahkah kita berbuat kebaikan, serta berperilaku baik?

  2. Bagiku, lebih dari soal kebobrokann moral itu terjadinya kapan, yang pasti teknologi lah yang paling berjasa… melaluinya, kebobrokan memperoleh bentukan visualnya!

    Aku membayangkan bagaimana reaksi artis senior yg mungkin jg sama gilanya dengan ‘ariel’ saat muda dulu.. barangkali ia hanya menggumam “Untung waktu itu belum ada handycam, handphone dan internet!”

  3. hahahaha…ketawa baca komentar mas don😀
    bener banget tuh mas…jaman dulu kan blom secanggih skr, jadi kalo gak ketangkep tangan gak akan ketahuan…hihihihi

  4. Woh, ta kira mukanya yg mirip, ternyata kelakuannya tho. Tapi beda lho mas. Si Susno dengan sengaja mengungkap ke bobrokan di tubuh POLRI, sedangkan AR secara tidak sengaja mengungkapkan kebobrokan moral. Salam kenal mas!!!

  5. para penjaga moral itu sudah dibungkam mulutnya. setiap kali mereka meneriakkan soal moralitas, ribuan mulut menghujat mereka dengan kalimat: “sok moralis”. serba salah memang. sekurang-kurangnya yang dapat kita lakukan saat ini adalah menjaga diri sendiri dan keluarga dari lingkaran setan pergaulan bebas dan kejahatan kerah putih…

  6. kyaknya ada bedanya juga…klo susno mebongkar kebobrokan polisi demi kebaikan…klo ariel membongkar kebobrokan moral masyarakat dan sekaligus menjatuhkan dirinya sendiri😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s