Three Minutes Updates (inspired by: “Three Minutes, Think with Fun !!!”)

Jumat malam, 25 Januari 2013, saya masih mengerjakan beberapa hal di kantor. Untuk sejenak melepas lelah, aku tinggalkan layar laptop dan beralih melihat Path. Saya terkesiap melihat sebuah foto yang di-upload salah seorang teman. Foto dengan caption singkat: For me you are the very good coach n trainer Pak – wish you all the best!

Dilihat dari foto tersebut, jelas memperlihatkan “farewell party” untuk Om Trainer. Ah, mau kemana Om yang satu ini. Apakah beliau akan assignment ke luar negeri? Atau setidaknya short temporary assignment? Saya masih bertanya tanya, ketika seorang teman memberitahukan “Pak NH resign Bro”

Deg… ada sesuatu yang hilang sesaat.

Foto malam itu....

Foto malam itu….

Pak NH, yang di dunia ini aku sapa dengan Om NH, saya kenal sejak awal aku bergabung di perusahaan ini. Waktu itu beliau sedang sibuk mempersiapkan launching product. Sosok yang menurut saya bener-bener cool, calm and confidence.

Pada awalnya, tidak terlalu banyak interaksi saya dengan Om NH, sampai kemudian beliau dipindahkan ke departemen training. Sejak saat itu saya semakin mengenal beliau karena beberapa kali memfasilitasi training yang aku jalani. Untuk training yang sukses membuatku begadang pun difasilitasi beliau, dan beliau pada tengah malam masih kuat keliling ke war room masing-masing kelompok untuk memberikan masukan atau pertanyaan untuk didiskusikan. Stamina dan konsentrasi yang prima menurutku.

Saya belajar banyak dari Om NH, dari training-training yang diampunya. Namun sesungguhnya saya lebih banyak lagi belajar dari pribadi Om NH. Bagaimana dia selalu bersemangat dan antusias dalam menjalankan setiap tugas dan jenjang karir yang dipercayakan kepada Om NH. Staminanya juga luar biasa dalam berkarya. Melihat (dan mendengar cerita tentang) bagaimana Om NH menghidupi pekerjaannya sehari-hari itu sungguh menginspirasi saya.

Bicara tentang inspirasi, saya sangat terkesan dengan cara Om NH berbagi pengetahuan. Dulu Om NH setiap pagi sharing ilmu secara singkat, mudah dicerna, dan fun. Seminggu sekali atau dua kali beliau meng-email blast ke hampir seluruh karyawan marketing, tentang dasar-dasar marketing dan beberapa related topic lainnya (Om koreksi kalo saya keliru ya…). Sharing itu diberi nama Three Minutes Updates “Three Minutes, Think with Fun !!!”. Kadang sebelum sharing ilmu, beliau melakukan survey singkat, dan kemudian dihubungkan dengan ilmu/pengetahuan yang akan di-sharing-kan. Saya yang waktu itu masih awam tentang dunia marketing, lulusan program study statistika, merasa sangat terbantu. Dengan bahasa yang ringan konsep-konsep marketing diterangkan dengan cukup jelas. Sampai saat ini, saya bisa “survive” di dunia marketing, sedikit banyak berkat sharing session Om NH lewat Three Minutes Updates “Three Minutes, Think with Fun !!!” yang dilakukan selama kurang lebih tiga tahun.

Karena terinspirasi dengan Three Minutes Updates “Three Minutes, Think with Fun !!!” tersebut, saya pernah memberanikan diri untuk “menjiplaknya”  dan memberi nama Three Minutes Updates, pada awal tahun 2009 yang lalu. Saya sharing pengetahuan kepada rekan-rekan sekantor setiap pagi. Namun stamina dan pengetahuan saya ternyata tidak cukup membuat Three Minutes Updates versi saya bertahan lama. Jangankan tiga tahun seperti Om NH, setahun saja tidak ada. Hanya tiga bulan!

Om NH, sungguh saya belajar banyak dari Om, terutama tentang semangat, antusiasme, dan stamina dalam bekerja. Sungguh beruntung saya bisa belajar banyak dari Om NH.

Terima kasih atas semuanya Om….

SMAC 2009 - Singapore

SMAC 2009 – Singapore

Tasikmalaya, 28 Januari 2013

Notes:

Tutus, aku pinjam fotonya ya… terima kasih.

Om NH, terima kasih atas koreksinya.. sdh terupdate…

Catatan tambahan, saat ini di divisi saya bekerja ada 4 orang trainer dan keempat-empatnya adalah hasil didikan Om NH dalam kelas khusus yang diampu Om NH

26 thoughts on “Three Minutes Updates (inspired by: “Three Minutes, Think with Fun !!!”)

  1. semuanya serba tiga ya…. anaknya ajah tiga **nggak nyambung deh kayaknya**

    Aku bisa membaca kekagetan dan kesedihan semua orang yang pernah kenal mas NH, dan yang penting kita dukung sepak terjangnya selanjutnya. Setuju?

  2. Di dunia perbloggan, Om Nh adalah makelar kita ya Bro, hehe..🙂

    Apapun keputusan beliau, pastilah sudah dipertimbangkan dengan sangat matang. Kita sama-sama doakan, supaya keputusan beliau ini menghasilkan kesuksesan yang luar biasa..

    Semoga beliau tidak berencana untuk resign dari ngeblog..😀

    • Yup… setuju, selain trainer di dunia nyata, Beliau adalah makelar blogger heheh… berapa banyak blogger yg telah di”comblangi” om NH

      Oh ya, aku sering malu sebenarnya sama Om NH… stamina menulisnya luar biasa.. jauh bgt dg aku yg mood-mood-an nulis🙂

      Setuju dg Uda, saya jg tdk menanyakan mengapa Beliau resign, krn saya percaya pasti telah dipertimbangkan masak2.. sdh dibikin SWOT analysisnya🙂

      Tetap mendukung beliau dmana pun… termasuk di dunia blogging🙂

      Salam,

  3. Bro …
    Jujur … saya dua tiga kali bolak balik membaca postingan ini … dari pagi tadi ….
    saya tidak bisa berbohong bahwa saya merasa sangat termotifasi dengan tulisan ini … tulisan sederhana namun runtut dan eksak khas Bro … anak statistik … (yang menjiwai dunia pemasaran …!) (yang saya yakin …. more or less … ini juga terinspirasi dari sosok almarhum bapak yang gigih itu …)

    Terima kasih ya Bro …
    saya bahagia …
    mengapa bahagia … ?
    karena dari tulisan ini saya bisa merasa berarti …

    Salam saya Bro …
    All the Best for you … for your team … and for your Nana as well !!!

    • Om NH… Om itu sangat berarti bagi kami semua.. Sungguh banyak yg sdh Bapak cetak… bahkan beberapa karirnya melampaui Om sendiri… saya yakin mereka tentu bersyukur pernah Om bimbing

      • Oh Iya … satu lagi Bro …
        Nama program itu adalah …
        “Three Minutes, Think with Fun !!!”

        (dan yang menciptakan nama tersebut sebetulnya bukan saya … melainkan inputan dari responden … seorang MSA Officer yang bernama Indria Handoko dari Pontianak)
        (proses penamaannya pun waktu itu melalui sayembara three minuts juga lho Bro… ) hehehe

      • Ini reply utk comment OM NH dibawah…

        Ahaa… saya ingat waktu itu ada lomba nama program Om NH… Pemenangnya Mbak Indria.. ya.. ya… saya ingat

        Terima kasih atas koreksinya Om..

    • Saya baru merasakan betapa dalamnya kesan para teman-teman yang pernah bekerja sama dengan om NH…dan saya belajar pula..selama ini cara saya memberikan training berbeda, mungkin juga bukan karena training marketing….

      Betapapun saya terinspirasi dengan tulisan bro Neo ini, dan akan coba menerapkannya dengan cara berbeda pada training-training yang saya lakukan selanjutnya.

  4. wahhh … kalau yang sekantor aja bisa sekaget itu ketika Om resign
    gimana kami2 (baca : saya)?

    Tulisan ini menunjukkan kualitas seorang om trainer
    salut om

    semoga sukses di tempat yang baru ya🙂

  5. Maknjenggirat, makgragap, makkrepeg! *serba tiga* waktu aku dikasihtau Om NH resign… waahhh?? tapi pastinya OM NH udah punya petimbangan matang tentang keputusan beliau.
    smoga suatu saat aku bisa kopdar dengan Om NH ya…kopdar beneran yaaa…
    smoga semakin sukses untuk Om NH di manapun…

  6. Selalu menghargai orang yang memutuskan pindah ke tempat kerja baru apapun latar belakangnya. Kalau saya sih simple, ketika pantat sudah mulai terasa enak itu tandanya harus cari kursi baru lagi hahaha..

    Selamat, Om! Sukses itu pasti, yang penting menikmatinya prosesnya🙂

  7. Pingback: (Tak Lagi Terjangkiti) Post Employment Syndrom | My Writings

Leave a Reply

