Virtual Crime

Berhati-hatilah terhadap orang yang baru saja Anda kenal di dunia maya. Bisa jadi kita menjadi korban penipuan atau pemerasan. Seperti yang baru saja aku alami.

Keinginan untuk memperluas silaturahmi seyogyanya diikuti dengan kewaspadaan tingkat tinggi.

Kita yang familiar di dunia maya, harus selalu sadar bahwa untuk setiap aktivitas kita, akan meninggalkan jejak virtual yang bisa disalah gunakan oleh siapa pun yang berkehendak jahat. Kita harus sadar bahwa account fiktif sangat mudah dibuat dan disalahgunakan. Sekedar pura-pura menjadi teman, kemudian cerita mengharu biru sehingga kita jatuh iba dan ujung-ujungnya minta bantuan dana.

Atau sedikit lebih “canggih” dengan harapan dapat memeras lebih banyak, bukan sekedar mengharapkan iba.

Just sharing pengalaman yang aku alami:

Beberapa waktu lalu tiba-tiba ada pesan FB muncul dari seorang wanita, minta pin BB. Dia menyebutkan bahwa kenal juga dengan salah satu blogger terkenal, juga beberapa kenalanku baik di dunia nyata maupun dunia maya. Berdasarkan itu, aku memberikan pin BB, dan kemudian chit-chat berlanjut via BBM.

…… dia telah mendapatkan profile picture dan display name ku…….

Chit-chat awalnya hanya salam kemudian berkembang lebih lanjut. Namun ketika sudah melampaui batas, aku mulai membatasi diri, dan menanggapi seadanya.

Setelah beberapa saat dia membuat pengakuan bahwa dia ternyata seorang pria, yang katanya terobsesi dengan aku.

…dennggg….hdezikk….

Aku berusaha tetap menghormati dia dan menghargai orientasi seksualnya. Meskipun aku merasa telah dibohongi secara telak!! Namun ketika dia minta untuk bertemu, tentu aku tolak.

Tak lama kemudian dia mulai mengancam dengan beberapa capture conversation yang tidak pernah terjadi. Dia akan menyebarkan capture tersebut ke istriku  dan ke khalayak luas dunia maya.

Tentu tidak susah membuat conversation fiktif seperti itu, mengingat bahwa dia telah memiliki picture profile dan display name yang aku pakai. Tidak perlu kemampuan photoshop tingkat tinggi, cukup dengan dua account BBM.

Dia memerasku 5 jt awalnya dan kemudian naik menjadi 15 jt… tp kemudian diturunkan menjadi 5 jt lagi. Untungnya aku berhasil mengulur waktu … sehingga aku bisa membuat tulisan ini.

Dalam kesempatan ini sekaligus aku berikan klarifikasi awal (klarifikasi kok diawal…) bahwa jika di masa yang akan datang tersebar capture conversation dengan nama dan picture profile alberto wibawa, mohon teman-teman semua dapat cukup arif menerima dan menyikapinya.

Semalem aku iseng-iseng bikin contoh conversation fiktif, Mickey cerita ke Pluto kalo mau mutus Minnie karena sedang dilirik Deasy….  hehhehe… niat bener ya.

percakapan fiktif

percakapan fiktif

 

 

Berkaca dengan pengalaman yang aku alami, sekiranya teman-teman semua dapat cukup bijak dan waspada hidup dan bergaul di dunia maya….

Pelaku sempat bilang bahwa saat ini dia sedang menganggur dan hal seperti ini yang dia lakukan. Sangat mungkin dia masih berkeliaran dunia maya dan mencari korban-korban lainnya. Dia cukup jeli melakukan observasi calon korbannya, dan tahu relasi si calon korban baik di dunia maya maupun dunia nyata.

Satu hal yang membuat ancaman yang aku hadapi ini menjadi tidak berarti adalah pengertian dan dukungan dari istriku yang luar biasa. Dia sangat mensuport aku, dan percaya betul bahwa apa yang terjadi adalah virtual crime.

Buat pelaku:

AKU DAN NANA BAIK-BAIK SAJA. Kami memaafkan dan mengampunimu. STOP merugikan orang lain!! Karena itu akan lebih menyakitimu.

Semoga kamu berbahagia dengan kehidupan yang lebih baik.

8 thoughts on “Virtual Crime

  1. heran ya, punya waktu untuk berbuat kejahatan virtual… mbok yo kerja sono, sayang waktunya.
    Bro dan Nana ada apa-apanya? aku pasti langsung tanya ke bro dan nana langsung hehehe. Ampuuun deh.

    Hmmm apakah namaku juga dicatut?

    Kerap orang add teman baru karena melihat namanya ada di daftarku,, tapi please tanya dulu, jgn langsung add. Biasanya aku suka add orang yang abu-abu, dan setelah itu aku delete hehehe.

    Ada temanku korban krn melihat satu nama cewe di listku. Aku add org itu krn berteman dgn kakak kelas, dan dia mau tanya soal jepang. Eeeeh ternyata itu hanya jalan untuk menghubungkan dia ke temanku, dan stalking! (Karena ada satu pria yang dekat dengan temanku ini). Sakit!

    • Mbak EM… tenang… bukan Mbak EM kok yg dicatut hehehe…
      Kalo menurut pelaku sih emang dia saat ini penganggur… dan emang ini yang dia kerjakan…. jadi emang jelas punya cukup waktu untuk melakukan ini,.,.. Dan kayaknya melakukan observasi cukup baik…..

      Sekarang dunia maya dan dunia nyata semakin melebur…. dengan segala kebaikan dan keburukannya

      Salam,

  2. Point yang ingin aku garisbawahi adalah tentang komunikasi antar suami-istri. Apa yang dirimu alami ini menjadi pembelajaran buat kita bahwa keterbukaan akan segala hal yang terjadi pada diri kita terhadap pasangan, akan menjadi penyelamat pernikahan kita. Karena dirimu tidak menutupi segala sesuatunya kepada Nana, maka “ancaman” dari manusia antah berantah itu menjadi tidak ada artinya apa-apa.

    Aku juga baru mengalami hal yang hampir mirip-mirip. Namun, dengan keterbukaan antar kami berdua, “ancaman” semacam itu hanya jadi guyonan kami saja..🙂

    • Uda Vison…

      Setuju sekali bahwa keterbukaan dan komunikasi menjadi penjaga kami dari racun-racun yang coba merusak….

      Uda mengalami hal yang mirip juga? Hmmm… jangan-jangan sudah pernah di-share juga… tp kami tidak melihatnya karena sdh jarang blog walking..

      Oh ya… selamat menjalankan Ibadah Puasa Uda…. smoga berlimpah rahmat…

      Salam,

      • Aku belum pernah menceritakannya secara gamblang di blog atau medsos. Aku lagi pikir-pikir untuk menceritakannya. Semoga dapat angel yang tepat untuk menuliskannya..🙂

        Terima kasih, Bro..

  3. Walahh penipuan kok tambah aneh-aneh.
    Memang harus makin hati-hati ya.
    Saya termasuk yang tak mudah kenal dengan orang, sehingga temannya terbatas (maaf…)

    Mungkin sebaiknya:
    Kita harus benar-benar kenal orang ybs jika hendak memberikan PIN BB atau temenan di FB. Bahayanya jika sudah teman di BB, dia bisa buka nomer teman yang lain, yang merupakan teman kita di BB.

    Pelajarannya:
    Walau kita kenal teman di FB atau BB, jika ada hal yang aneh, kita mesti cek langsung via telpon ke yang bersangkutan, karena ada kemungkinan account nya lagi di hack.
    Syukurlah mas bro (wah ikut2an) dan Nana baik-baik aja…..biar kapok tuh orang yang mau menipu.

  4. Terima kasih infonya bro, semoga bisa jadi pelajaran buat kita semua kedepannya. Mudah-mudahan pelaku jg cepat sadar ya.amin.

    Semakin canggih saja modus orang mau berbuat jahat ya, semoga kita semakin berhati-hati.

    salam
    ijuliars

Leave a Reply

