My Pics

Hai… Berikut ini, adalah gambar-gambar yang sempat terekam dalam kameraku.  Jauh dari indah, tapi ijinkanlah aku bagi di sini.

Just follow the links and click the pics below to view more pics …

Jika ada yang mau mempergunakan (non-profitable tentu saja) silakan saja, tapi mohon sumbernya disebutkan. Selamat menikmati.  

Album #1: Pics from Tana Toraja

Pics fr toraja

clicks for more pics

Ini merupakan sekumpulan gambar yang sempat terekam di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Ada dua lokasi yang sempat aku kunjungi, Londa dan Ketekesu. Dua lokasi ini tidak jauh dari jalan utama ke Rantepao, sehingga bisa menjadi alternative persinggahan jika waktu kita terbatas.

Londa adalah makam tua, dan merupakan satu-satunya makam yang berupa goa asli. Makam di Toraja umumnya berada di tebing yang dipahat, atau goa “buatan”. Nah kalo Londa ini asli goa alam. Ada beberapa tingkat goa, tapi yang paling mudah dijangkau tentu saja goa terbawah, tempat orang “awam” dimakamkan. Sementara yang atas untuk golongan “nigrat”

Ketekesu adalah gabungan antara kompleks rumah adat dan makam tua. Juga ada museum yang merupakan tempat penyimpanan barang-barang peninggalan tetua orang-orang Ketekesu. Awalnya koleksi keluarga, tapi sekarang dijadikan museum.  Gallery kerajinan ukir khas Toraja ada juga di kompleks ini (*)

Album #2: Pics from Pasar Terapung Banjarmasin
 floating market

click for more pics

Banjarmasin adalah kota dengan julukan kota seribu sungai. Hal ini karena sungai sangat lekat dengan kehidupan warganya. Salah satu fungsi sungai adalah menjadi sarana transportasi dari satu lokasi ke lokasi lain selayaknya jalan raya. Rambu-rambu lalulintas sungai juga terpasang di sepanjang aliran sungai, juga ada satuan khusus polisi air di kota ini.

Salah satu kekhasan yang terkenal dari kota Banjarmasin adalah pasar terapung. Pasar ini ada mulai subuh, dan sekitar jam 7-8 pagi sudah bubar.  Selain sayur dan buah-buahan, di pasar ini kita juga bisa makan soto banjar langsung, jadi ada semacam perahu yang berfungsi sebagai warung. (*)

 

Album #3: Pics of J-rocks concerts

J-rock in action

click for more pics

J-rocks adalah band beraliran Japanesse Rock. Apa itu Japanesse Rock? Dengar saja lagu-lagu mereka.  Berdiri tahun 2003, dengan personil: Imam (vocal & guitar) , Sony (Guitar), Wima (Bass) dan Anton (drum) Lagu hitsnya antara lain, Cobalah Kau Mengerti, Kau Curi Lagi, Juwita Hati, dan Falling In Love.

J-rocks merupakan salah satu band Indonesia (mungkin satu-satunya) yang pernah rekaman di  Abbey Road Studios yang legendaris itu.

Rekaman gambar ini diambil pada saat mereka concert di Balikpapan, October 2008 (*)

Album #4: Pics of Hutan Bengkirai

Jembatan antar pohon

click for more pics

Hutan Bengkirai adalah hutan tropis yang terletak kurang lebih 50 km dari Balikpapan. Di hutan ini ada canopy bridge yang cukup menantang untuk dinaiki. Selain itu juga ada anggrek hitam dan pelbagai tanaman lainnya.

Cukup menawan bagi mereka yang sudah terbiasa dengan hutan batu bata.  Disini bisa dijumpai pohon-pohon yang tingginya berpuluh meter. Kesejukan udara terasa benar di sini.

Cerita yang lebih seru telah dituturkan oleh The Afdhal di sini (*)

 

Album #5: Kera Kembangan

P1080535

click for more pics

Pulau Kembangan adalah delta yang berada di Sungai Barito. Sungai ini adalah salah satu tempat suaka bagi kera-kera asli  Kalimantan. Bekantan alias long nose, sebenarnya tinggal di pulau ini juga, di bagian dalam pulau. Namun sayang, waktu berkunjung kesana tidak sempat masuk ke dalam, hanya dipinggirnya saja, itupun dari sampan. So.. yang terabadikah hanyalah kera kelas cemen, sementara yang besar-besar dan bekantan ada nun jauh di dalam pulau (*)

 Album #6: Tepi Danau Matano

jembatan diatas danau

click for more pics

Danau Matano terletak di Sulawesi Selatan, tepatnya di kota Soroako. Di dekat danua ini, ada juga Danau Maloha dan Danau Towuti. Saat ini ketiga habitat danau tersebut sedang diusulkan menjadi warisan dunia ke UNESCO.

Danau Matano yang terletak di Pegunungan Verbek merupakan danau terdalam di Asia Tenggara, untuk level dunia, Danau Matano menempati urutan kedelapan.

Pemandangan di sini sangat asri, airnya sangat jernih dan terasa dingin menyejukkan. Suasana danau sangat tenang (*)

Album #7: Mappasilaga Tedong

Hook!!

click for more pics

Mappasilaga tedong, atau adu kerbau, adalah salah satu acara dalam rangkaian Rambu Solok, upacara kematian di Tana Toraja. Kerbau yang menang dalam pertarungan itu akan melambungkan harganya, sedangkan kerbau yang kalah akan jatuh harganya, bahkan kadang harus berakhir dengan kematian dalam sekali tebas parang (*).

Next Album coming soon

11 thoughts on “My Pics

  1. tergantung juga sih, kalo di-kremasi mah jelas gak gini yach…
    tp mereka (yg di toraja) beristirahat dalam damai kok,
    lain dg killing field di vietnam or katakombe di roma sana

    • wah, mo bikin photoblog kok ya koleksinya masih dikit yach… asal jepret lagi… blm ah mbak EM, gini dulu aja

  2. Pingback: “Secuil surga” bernama Matano « the broneo

  3. Pingback: Mamma Mia vs Rujak « the broneo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s