Biar Saja Dia Tidak Berpuasa….

Ini tulisan yang aku buat satu setengah tahun lalu, dibuang sayang:

Waktu saya membuka-buka catatan harian, saya menemukan tulisan ini. Tulisan ini saya buat kurang-lebih 3 tahun yang lalu, di Jogja

Jl. Magelang, jam 13.32, 3 hari jelang Lebaran

Hari ini kudengar percakapan seorang anak dengan kakeknya.

Kek, lihat orang itu. Masa puasa-puasa gini makan dipinggir jalan.

Biar saja dia tidak berpuasa … Coba perhatikan orang itu! Kurus sekali, pakaiannya sangat kotor. Coba kamu perhatikan cara dia makan nasi kotak itu. Sangat lahap, bahkan kadang agak kesulitan menelan karena tergesa-gesa. Sepertinya lapar benar dia.

Tapi ini kan bulan puasa?

Biar saja… kita hanya puasa hanya 1 bulan Nak, tapi lihat pemulung itu… bisa jadi dia sepanjang tahun harus menahan lapar dan haus. Memang bukan karena puasa, tapi karena kondisi. Bisa jadi dia hanya makan sehari sekali, sedangkan kita meskipun puasa, tapi masih sempat sahur dan nanti buka puasa. Apa lagi kamu, kalo malam masih ngemil lagi.

(bus yang aku tunggu kubiarkan melintas, karena aku ingin belajar dari kakek itu)

Memang kek, tapi bukannya dia harus cari tempat yang tidak kelihatan orang, supaya tidak menggoda yang sedang puasa?

Biar saja … Kamu baru lihat segitu aja sudah kepingin. Coba bayangkan kalo bukan bulan puasa. Dia hanya bisa melihat orang lain makan. Dia mesti menahan ”godaan” itu sepanjang tahun Nak…

Tapi kata Pak Ustadz Kek…

Nak, kamu puasa kan? Buang pikiran yang enggak-enggak. Jalani saja puasamu dengan sebaik-baiknya. Biar saja orang lain tidak puasa. Puasamu biar untuk yang di Atas. Jangan mudah menilai orang… Sabar…

Kek, ngomong-omong dari mana orang itu mendapat nasi kotak? Jangan-jangan dari tempat sampah Kek, kan kotor?

Wah kalo itu Kakek tidak tahu.

Barangkali dari sedekah ya Kek, kan kalo dah deket lebaran gini banyak orang yang bagi-bagi nasi kepada para pengemis dan gelandangan.

(Percakapan terhenti, mereka masuk ke dalam bus yang mereka tunggu)

Hari ini aku mendapat pelajaran. Thanks God sudah Kau ingatkan aku.
Makasih Kakek….

(end of diary)

Balikpapan,
Ramadhan 07

14 thoughts on “Biar Saja Dia Tidak Berpuasa….

  1. @EM:
    benar sekali, menyejukkan
    pelajaran ada dimana-mana dan kapan saja, tapi kadang mata kita saja yg tertutup

  2. bener bro..PELAJARAN HIDUP ada dimana2..
    Puasa tuh memang banyak hikmahnya..

    –jd pengen puasa, utk ngecilin “tas pinggang–
    elu juga tuh puasa🙂

  3. Pencerahan !
    Agar tidak bermegah dan mengundang iri dari tatapan mata org lain.
    Terima lasih kek, diarynya bagus.
    Lho???!!
    Kaboooor hahaha

  4. @ the afdhal:
    setuju pelajaran ada dimana mana, hanya kita cukup "cerdas" untuk bisa menangkap atau tidak…

    @ adecentcriminal:
    kalo tdk banyak kena angin malam ya gini ini.. jd lebih peka & sensitif

    @ eka:
    ??? (-spechless-)

  5. Bro …
    Kalau kata teman-teman yang lain terasa menyejukkan …

    Bagi saya yang mengenal bro neo secara pribadi …
    Tulisan ini menjadi sangat spesial …

    Salam saya
    NH

  6. @ NH18:
    wah commentsnya bikin GR..

    yg sangat special bukan tulisannya om NH, tapi “nasehat” si kakek..

    .. atau kesediaanku untuk menulis …
    he..he.. (ngaciiiirrrr)
    (mode umuk on)

  7. yah itulah hidup mungkin tidak bisa dinilai dari luar, yang terdalam hanya Tuhan yang tau…. kita tidak tau apa itu makan yang terakhir baginya….
    perlu mengingatkan orang lain mungkin dia lupa….

  8. ahahaha like a slap in a face :p

    sering sekali sibuk ngegerutu kalo ada orang yang makan minum *ato pacaran* di depan mata waktu puasa :p

  9. Pingback: Just wanna say… « the broneo

  10. aku baca postingan ini berkali-kali…hiks…baru kali ini komen di posting ini.
    betapa seringnya aku lupa bersyukur. betapa seringnya aku lalai menjaga rejeki yang sudah ada…
    malu melihat mereka yang masih kekurangan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s